Cekidot

Pajak Jadian Perlukah?

Ditulis oleh CuMuMuT Team pada hari Minggu, 22 April 2012 | 23.45

Pernah denger istilah "Pajak Jadian"? Itu loh istilah makan gratis di jagad percintaan. Ada beberapa pasangan baru yang sangat ilfil bila denger kata-kata pajak jadian ini. Bayangin aja, lagi seneng-senengnya punya pacar baru eh kudu "nyetor pajak" (baca: traktir) lagi. Iya kalo yang di jamu cuman anak kos yang paling berisi 5 ekor pasukan, lah kalo 1 RT? Maksud hati pengen ngirit sepiring berdua, eh malah tekor bandar. Pelit? Ah komen itu yang paling sering kita denger. Maklum aja namanya juga dompet anak sekolah, duit aja masih disupply bonyok. Apa mau dikata, demikianlah fenomena pajak jadian. Meskipun belum ada situs yang merilis kapan tepatnya aturan ini berlaku, tapi udah banyak kok yang menjalani. Ooo..kalo gitu pajak jadian itu penting yah? Tunggu dulu. Sebenernya sih penting ga penting. Bingung khan? Langsung simak aja deh ceritanya.

Pajak Jadian?? Apaan tuh?
Tadi udah CUMUMUT singgung sedikit di atas soal pajak jadian ini. "Trus maksud lue pajak jadian itu apa donk? gue masih belom ngerti nich mut," OK jadi gini arti umum pajak jadian yang beredar sekarang ini lebih mengarah pada traktiran, Jadi setiap pasangan cowok cewek yang resmi mengumumkan jadiaannya (baca: Pacaran) kudu a.k.a wajib mentraktir teman-temannya. Ga semua temen sich yang ditraktir, biasanya temen dekat atau temen yang mengetahui mereka telah jadian termasuk yang ga kenal tapi nekat nodong traktiran. Mau traktir makan di kafe unyu-unyu kek ato cuman sekedar gorengan itu sich ga ada aturannya, pokoknya maknanya dapet kalo mereka udah sah resmi pacaran gitu loch.

Tapi seiring berjalannya waktu beberapa pihak lebih sreg memakai kata "syukuran" ketimbang "traktiran" dalam mengartikan pajak jadian ini. Alasannya kalo traktiran itu lebih bersifat memaksa sedangkan syukuran lebih bersifat sukarela. Well apapapun itu yang penting khan tetep, makan-makan..ga nolak deh. Sekarang udah tau toh artinya? Jadi kalo besok-besok kamu jadian jangan lupa PJ-nya yah buat CUMUMUT.

Sejarahnya
Macam masa penjajahan saja ada sejarah segala. Ya pasti donk sob, kita kan hidup di 3 masa yaitu dulu, sekarang dan selamanya. Loh? Kalo cerita masa dulu, pajak jadian ini juga punya sejarahnya. Jadi dahulu kala hidup lah tuan putri yang cantik jelita di sebuah istana. Ditengah kemegahan istana itu, ia merasa amat kesepian. Hingga suatu ketika ia melihat seorang pangeran tengah bermain basket tak jauh dari istananya. Karena pemalu, tuan putri ini kemudian meminta tolong sahabatnya untuk mengenalkannya dengan sang pangeran. Singkat cerita berkat bantuan sahabatnya akhirnya tuan putri dapat hidup bahagia selamanya dengan sang pangeran. Sebagai ucapan terima kasih tuan putri mengadakan perjamuan makan buat sahabat yang telah membantunya. Melihat peluang yang bagus, sahabat tuan putri mulai beralih profesi sebagai mak comblang. Upah yang diterima berupa perjamuan makan. Demikianlah alkisah pajak jadian itu dimulai. Biar kata seperti cerita dongeng toh banyak yang percaya mitos seputar pajak jadian ini. Sebut aja mitos tentang hubungan yang tidak langgeng jika mengabaikan pajak jadian. Konon sumpah serapah yang keluar seperti "kalo ga makan-makan gue sumpahin hubungan lue ga langgeng" dipercaya sebagai doa. Tapi sampai sekarang mitos tersebut belum terbukti kebenarannya.

Seiring perkembangan jaman, pola pikir manusia pun ikut berkembang. Melihat cerita diatas, dulu pajak jadian ini emang hukum nya wajib. Wajar aja, mak comblang kan udah susah payah menjadi pejuang cinta sampe kudu tekor pulsa ama bensin. Masak ga dihargai? Tapi kalo sekarang setelah banyak yang tau nikmatnya pajak jadian, terjadi pergeseran filosofi. Apa lagi yang menyangkut gratisan. Udah deh ga ada istilah batesan, pokoknya hajar bleh. Pajak jadian jadi bukan milik mak comblang aja, tapi siapun yang denger, sah-sah saja minta jatah pajak jadian walopun kebanyakan dengan nada becanda. Semua itu balik lagi ke kamu, dalam hidup khan kita harus bisa ngambil keputusan. Mau percaya cerita ini atau tidak. Pilih status sosial atau isi kantong. Kamu yang menentukan. Well menurutmu seberapa pentingkah pajak jadian itu?

© CuMuMuT

Basecamp Asoy Paling Puewek

Ditulis oleh CuMuMuT Team pada hari Kamis, 19 April 2012 | 07.44

Jika beberapa hari setelah OSPEK para senior sibuk mempersiapkan pembubaran panita, lain halnya sama anak baru. Biasanya anak baru ini malah sibuk nyari tempat yang ueenaak buat nongkrong. Yap istilah kerennya sich "Basecamp". Biasanya lagi nich kriteria basecampnya tuh ada bermacam-macam, mulai dari banyaknya stok jajanan, tersembunyi dari para guru, sampai spot yang tepat buat mantau gebetan. Pokoknya asoy dah buat seru-seruan bareng temen. Ga jarang juga basecamp ini jadi pondok curhat dadakan. Sepanjang sekolah yang CUMUMUT temuin, pasti ada aja tempat yang dihuni oleh segerombolan makhluk astral berseragam. Loh? Daripada ngaco yuk liat dimana saja kah itu, check this out.

1. Kantin


Walopun tempat ini adalah tempat yang paling rame pas bel istirahat. Justru malah membuat tempat ini jadi tempat paling favorit. Alasannya? Surga nya jajanan coy, urusan perut semua ada di sini bahkan kalo beruntung bisa kasbon dulu sama yang punya warung.Cape Deh. Trus selain itu bisa CECEPE sama gebetan itupun kalo kebetulan doi lagi ga bawa bekel. Nah dari beberapa siswa yang CUMUMUT tanya, banyak juga loh yang ngaku naksir berat sama tempat ini. Malah terkadang saat bel masuk udah berbunyi CUMUMUT lihat masih ada aja yang nyantai disana. Puewek bener dah.

2. Parkiran


Jangan dikira segerombolan anak yang lagi duduk di bangku parkiran itu sedang nunggu jemputan. Justru mereka lah penunggu parkiran. Whatz lue kira tukang parkir apa? haha..tenang sob mereka itu bukan lagi nunggu jemputan atopun tukang parkir. Tapi mereka adalah yang menganggap parkiran itu sebagai tempat tongkrongan paling asoy. Mitos yang beredar mengatakan penghuni parkiran merupakan anak-anak yang gila otomotif. Sangking gilanya ada yang sampe curhat saat dia "menelanjangi" tunggangannya. Jiiiaaahhh...ngeres dah. yang dimaksud tuh adalah ditempat ini mereka bisa saling sharing soal modif motor/mobilnya gitu loh sambil mamerin hasil karya mereka. Well saat CUMUMUT nyobain nongkrong, hm..lumayan nyaman juga soalnya biarpun ga ada bangku disana CUMUMUT tetep bisa duduk. Pasalnya bangku motor/mobil yang CUMUMUT rasain berasa lebih empuk ketimbang bangku kayu yang disediain. Ya pastilah...gubrraakk..

3. Warung Kopi dekat sekolah


Hampir sama seperti kantin, cuman bedanya warung kopi ga bisa sembarangan dikunjungi. Loh kok gitu? Lah kan pas jam sekolah pintu gerbang ditutup, gimana bisa sembarangan kesana coba. Jadi Warkop ini baru ramai saat-saat pulang sekolah. Itung-itung cuman beli segelas es jeruk udah dapet tempat duduk gratis, cuci mata gratis, plus angin semilir-semilir dari kipas angin. Tapi hati-hati kalo mau ngegosip ditempat ini, bisa-bisa penjualnya nguping. Berabe khan

4. Kelas kosong


Biasanya yang berbau kosong itu serem. Apalagi hati yang kosong. hiii...mungkin itu berkaitan sama penghuninya kali yah. Kalo kelas kosong gimana? Pertanyaan bagus. Kelas kosong adalah lokasi yang tepat buat nyusun rencana, baik itu rencana pesta kejutan, rencana nembak gebetan, hingga rencana melarikan diri pas jam pelajaran. Pokoknya kelas kosong ini bisa dalam sekejap berubah menjadi multifungsi macam kulkas dua pintu gitu lah. Jadi ga heran tempat ini termasuk dalam daftar Basecamp asoy. Suasana heningnya betul-betul menggambarkan hati yang kosong.

© CuMuMuT

Gawat Kebiasaan Buruk di Kelas

Ditulis oleh CuMuMuT Team pada hari Rabu, 18 April 2012 | 08.58

Ini nih gara-garanya kenapa para dosen dan guru bisa cepet kena serangan stroke dini. Hayo pada ngaku pasti pernah kan ditegor dosen, dilepar penghapus sama guru, ato disetrap ampe pulang? Kalo pernah berarti mungkin lue termasuk dalam daftar murid yang punya kebiasaan buruk waktu dikelas. Bukan bermaksud ngajarin yang ga bener ya sob tapi kita jujur-jujuran aja, susah emang buat ngontrol hormon puber kita bener ga? Menurut penelusuran CUMUMUT TEAM efek jera dari beberapa hukuman diatas cuman bersifat sementara aja, nah mudah-mudahan setelah terbongkarnya aib ini kita semua bisa kembali ke jalan yang benar, Amien.

1. Makan/ngemil di kelas



Masa puber itu emang masanya pertumbuhan, wajar sih jadi buat kita sering makan. Coba inget-inget udah abis jajan apa aja hari ini? 2 botol es teh, 3 mangkok bakso dan 5 batang sosis. Bussett...itu mah lebay. OK kalo alasannya pertumbuhan, Tapi tunggu dulu, kalo makan nya pas dosen lagi ngajar. Beruntung ga ketauan, nah pas ke gep...hayo lah bagi-bagi isi tasmu itu.

2. Nyontek



"Aduh gw lupa ngerjain PR nich pinjem donk punya lue", "Psstt...no 2 jawabannya apa" duh ini percakapan klise banget banget yak. Sapa sih yang ga kenal sama percakapan macam ini. Alasan lupa lah, ketinggalan lah, ga sempet lah selalu menjadi andalan kala mengeluarkan jurus nyontek. Hallah...bilang aja "MALES" kok ribet amat. Contek menyontek dianggap jalan pintas untuk menyelesaikan semua masalah. Preett.. idealis banget sich. Buka buku sehabis pulang sekolah ga mungkin membuat diputusin pacar kan? kecuali buka bukunya sambil semedi selama 1 th. Kalo itu beda cerita. Well kebiasaan buruk ini memiliki rating tertinggi menyerang kawula muda berkerah putih. Apalagi dengan tingkat hukuman terparah (baca: Tidak naik kelas/tingkat). Bak virus mematikan.

3. Ngobrol sama temen sebangku



Kebanyakan para cewek yang mengidap penyakit ini. You know lah cewek khan hobby nya gosip. Weitz jangan sewot. Ini fakta loh kalo cewek itu emang doyan ngobrol. Jadi ga bisa disalahin donk, walopun terkadang malah suara cowok yang lebih kedengaran. Ya iyalah suaranya cewek khan lemah lembut mas bro. what ever mau cewek ato cowok yang punya kebiasaan ini paling enggak pernah ngerasain kapur melayang dipipinya. Gimana enggak dosen/guru merasa tidak dihormati jika kita malah ngobrol saat beliau mengajar. Coba deh tuker posisi sama guru mu gimana mau ga?

4. Maen hape



Mungkin dulu sebelum ada hape, kebiasaan ini ga ada. Tapi seiring perkembangan teknologi apalagi dengan adanya BBM, twitter dan facebook, kebiasaan buruk ini jadi ikutan populer. Sah-sah aja sich buat eksis. Tapi Lucu juga kalo dosen bacain status facebook dari hapemu didepan kelas yang isinya "Bete nich dengerin ceramah ga jelas jadi miss sum1 love u muuuaaachh #galau". Nah ke- gep kan?

© CuMuMuT
 
Home
Copyright © 2011. CuMuMuT - All Rights Reserved
Sponsor Creating Website